Kamis, 23 Agustus 2007

Equation

Matematika adalah fenomena logikal yang sangat mengasikkan apalagi berurusan dengan angka2 pastilah sangat menarik. Di dunia matematika ada satu model yang hingga saat ini sungguh merupakan jantung dari matematika. Jantung itu adalah Equation (=) atau persamaan.

F(x) = 2x+5 adalah Linear Equation
F(x) = exp(x) adalah exponential Equation

Contoh diatas adalah persamaan matematis yang akan selalu kita temui.
Persamaan adalah jantungnya. Awal dari matematika adalah persamaan.

1 = satu
2 = dua
dst...

Itu adalah persamaan. Matematika identik dengan persamaan
Persamaan telah menjadi darah daging didalam kehidupan manusia.
Konon ceritanya orang akan mencari persamaan didalam mencari Jodoh supaya selalu sejalan.

Istri suka ngemil = Suami suka ngemil = Tidak ada pertengkaran

Saya ingin menuangkan dan mengembangkan ide persamaan tersebut kedalam hal yang disebut KEMATIAN. Saya pernah melihat sebuah film di buatan Amerika yang sangat canggih. Di film tersebut ada kejadian dimana seorang yang berasal dari masa lalu melihat kedalam sebuah ruangan yang dipenuhi oleh tali-tali yang menggantung yang bersilangan dan sangat berantakan. Lalu di berkata, ini adalah tali kehidupanku dan tali ini bisa bersilangan dengan apapun dan tali ini jumlahnya sangat banyak.

Yang ingin saya sampaikan adalah bahwa ada banyak kombinasi tali kehidupan yang kita miliki dan selalu ada persamaan matematis didalamnya. Persamaan tersebut telah ditentukan dalam domain (-~,+~) dengan range (-~,+~). Jika persamaan tali kehidupan tersebut Persamaan dimensi ruang,waktu dan Action maka grafiknya bisa kita gambar dalam dimensi ruang 3 dimensi dengan Sumbu x sebagai waktu, sumbu y sebagai t=ruang(place) dan sumbu z sebagai action (aksi).

Contoh :

Si A diejek oleh si B di pemukiman B pada pukul 5 sore. Pertanyaan, action apa yang akan dilakukan si B? Jika semua variabel alamiah diabaikan.
Maka Jawabannya adalah si A akan diam aja.
Mengapa? karena semua variabel alamiah diabaikan.
Variabel alamiah antara lain : mood, keberanian, alat tempur, dll.
Seandainya ada 2 variable alamiah disebutkan misalnya si A membawa stick baseball dan dalam mood untuk berkelahi maka jawabannya adalah Si A menggebukin si B dengan stick Baseball.

Jawaban tersebut dalam persamaan tali kehidupan itu adalah Z (aksi)

Sebenarnya persamaan tali kehidupan ini sangat rumit karena mengandung

Tidak ada komentar: